Pages

Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves

Rabu, 23 Maret 2016

1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. AlatAdobe 
Illustrator CCMaxon Cinema 4D R16

3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya -

4. Dasar Teori

Jelaskan fungsi secondary Assets?Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru

Jelaskan fungsi F-Curves?F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan. 

5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Tambahkan secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path




2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)






3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves







7. Hasil Praktikum



8. Kesimpulan
Pada praktikum 3 kali ini saya belajar mengenai secondary assets yang menurut saya sebagai objek sekunder selain objek utama, logo movement dimana menggerakan logo yang telah kita buat sebelumnya menjadi tidak kaku, dan F-Curves. Kendala yang saya alami ketika mengerjakan praktikum ini adalah perihal secondary assets yang telah dicontohkan oleh dosen saya, saya bingung secondary assets ini seperti apa dan bagaimana membuatnya, apakah secondary assets yang dicontohkan dosen saya ini sama dengan praktikum 1. alhasil setelah saya coba-coba memasukan praktikum saya yang pertama, yang belum diberi pergerakan memutar 360derajat ternyata bisa. Finally, alhamdulillah dengan praktikum ini bisa membuat saya mengerti mengenai beberapa hal di dalam animasi 3D.

9. Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOG TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS