Pages

Prak 10 – Membuat Aset Sekunder (Capsule) (Part 2)

Rabu, 11 Mei 2016

1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh kombinasi kreatif antara cloner dan spline wrap.

2. Alat
Cinema 4D R16

3. Bahan




4. Dasar Teori
- Cloner berfungsi untuk menggandakan/menduplikat object yang telah ditentukan dengan jumlah penggandaan yang dapat ditentukan sesuai dengan keinginan.
- Spline Wrap berfungsi untuk mengatur objek agar dapat mengikuti spline yang telah ditentukan. Misalnya pada saat membuat capsule, kita dapat menggunakan spline circle dan kemudian menggunakan spline wrap sehingga object dapat mengikuti bentuk dari spilne circle yang menjadi acuan. 
- sebuah objek tidak akan dapat di clone apabila dalam object tersebut sudah terdapat clone. Ada satu cara untuk bisa meng-clone object yang yang sudah di clone, yakni dengan mengaktifkan opsi Render Instance yang berada pada cloner. ketika mengaktifkan opsi Render Intsance, Cinema 4D secara otomatis akan mengaplikasikan cloner sehingga dianggap object biasa baru kemudian dapat diclone lagi.

5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum
    1. Target yang akan dibuat
    2. Menduplikat object menggunakan cloner   

    3. Mengubah bentuk menggunakan spline wrap
    4. Menduplikat cloner menggunakan cloner

7. Hasil Praktikum






8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini dapat disimpulkan bahwa untuk membuat object yang berulang dapat menggunakan cloner dan cloner berperan penting dalam pembuatan capsule pada praktikum kali ini. dan alhamdulillah tidak ada kesulitan pada praktikum ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOG TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS